2500 Relawan Ikuti Apel NTB Bangkit bersama Presiden Jokowi

0
42

PWNUNTB.OR.ID | Lobar Presiden Jokowi Memimpin Apel NTB Bangkit yang diikuti oleh 2500 Relawan Gempa Lombok dari berbagai organisasi di lapangan Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat,Senin (03/08) hari ini.

Selain diikuti ribuan relawan, apel akbar ini juga dihadiri Menteri Sosial Agus Gumiwang, Menteri Sekretariat Kabinet Promo Anung Wibowo, Kapolri Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi, Kepala BNPB RI dan Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi.

Dalam amanat upacara, Jokowi menyampaikan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah membantu baik tenaga-pikiran, moril maupun materil sehingga penggalangan solidaritas menyeluruh secara nasional untuk gempa NTB dapat tercapai.

Dikatakannya,tahapan tanggap darurat hari ini sudah dilalui dan saatnya masuk ke tahap rehabilitasi dan rekonstruksi.

Untuk tahapan rekonstruksi dan rehabilitasi kata Jokowi, prioritas utama ialah perbaikan fasilitas publik seperti pasar, Puskesmas, Sekolah, Pesantren, Masjid dan Mushalla. Begitu halnya dengan rumah warga yang rusak berat, sedang dan ringan, akan dibangun secara bertahap.

“Dari 71 ribu rumah yang rusak, kita baru bisa mengerjakan 5.293 rumah, kita akan kerjakan secara bertahap dan tolong ini dikerjakan secepat-ceepatnya dalam 6 bulan kedepan” Ujarnya.

Ia menambahkan, dalam proses rehabilitasi dan rekonstruksi ini ia telah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 5 tahun 2018 yang akan ditindaklanjuti dalam bentuk program dan kegiatan oleh semua kementerian khususnya Kementerian PU. Nantinya kementerian PU akan dibantu oleh insinyur-insinyur muda dan mahasiswa-mahasiswa fakultas tehnik dari Unibersitas-universitas terkemuka di Indonesia.

“Saya akan pantau terus, akan saya cek terus, agar NTB segera normal kembali, pulih kembali, aktifitas ekonomi bangkit juga aktifitas kehidupan masyarakat bisa berjalan kembali dengan baik” Tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here