Bahtsul Masail Hukum Wifi Gratis di Masjid

0
175

Saat ini layanan internet telah menjadi kebutuhan dasar masyarakat, tidak hanya sebagai sarana komunikasi, tapi juga telah menjadi media yang bisa membantu kita memenuhi kebutuhan transportasi, konsumsi dan kebutuhan-kebutuhan hidup lainnya.

Karena itu, untuk memudahkan masyarakat mengakses internet, pemerintah dan swasta tak jarang menyediakan layanan internet gratis atau wifi gratis di berbagai fasilitas umum. Ada fenomena terbaru, masjid-masjid di perkotaan hari ini juga tak mau kalah, ingin memudahkan Jama’ah mendapatkan akses internet dengan menyediakan wifi gratis di Masjid.

Pertanyaanya, Bagaimanakah hukum menyediakan jaringan WiFi di masjid agar jamaah masjid tertarik untuk lebih giat sholat berjamaah dan mengikuti kegiatan keagamaan di masjid?

Hasil Bahtsul Masa’il PWNU NTB beberapa waktu lalu dalam acara Konferwil di Pondok Pesantren NU Qomarul Huda Bagu menghasilkam keputusan Pelayanan penyediaan / penggunaan Wifi di Masjid hukumnya di tafsil:

a. Hukumnya boleh, apabila diperuntukkan untuk keperluan memakmurkan Masjid atau kemaslahatan Masjid, seperti keperluan kajian-kajian Ilmiah di Masjid dan lain-lainnya yang ada unsur positifnya. Hukum kebolehan ini juga disyaratkan adanya pembelokiran situs-situs negatif oleh operator Masjid, sebagaimana yang dilakukan di Masjid al-Harom dan Masjid Nabawi.

b. Hukumnya tidak boleh, apabila situs-situs yg ada unsur negatif tidak dapat di bolokir atau dikendalikan.

بغية المسترشدين (ص: 132)
ويجوز بل يندب للقيم أن يفعل ما يعتاد في المسجد من قهوة ودخون وغيرهما مما يرغب نحو المصلين ، وإن لم يعتد قبل إذا زاد على عمارته

Tinggalkan Balasan