Kiai Ma’ruf dan Mahathir Mohamad Bahas Asia dan Internasional

0
14

PWNUNTB.OR.ID | KUALA LUMPUR – Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ma’ruf Amin mengadakan silaturahim ke Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (8/9). Pertemuan keduanya membicarakan isu-isu terkini di lingkungan ASEAN dan Asia, serta kecenderungan politik internasional.

“Pertemuan ini merupakan momentum penting bagi hubungan bilateral antara Malaysia dan Indonesia karena satu sama lain dapat saling belajar, sehingga diperoleh manfaat untuk kepentingan negara dan bangsa,” kata Kiai Ma’ruf Amin melalui siaran tertulis.

Menurut Kiai Ma’ruf, hubungan kedekatan Malaysia dan Indonesia bukan hanya sebagai dua negara yang bertetangga secara kewilayahan, tetapi juga sudah puluhan tahun terjalin hubungan spiritual dan kultural.

“Kedua negara ini adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam yang berorientasi Ahlussunnah wal Jamaah, dan telah berlangsung aliran tenaga kerja dari Indonesia ke Malaysia dalam jumlah besar yang tentunya ikut memengaruhi kebudayaan Malaysia,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kiai Ma’ruf juga sempat memuji Mahathir sebagai tokoh politik terkemuka bertaraf Internasional, yang sarat dengan pengalaman mumpuni dan nasionalisme yang sangat meyakinkan dalam dinamika politik ekonomi global.

Tidak ketinggalan, kiai yang aktif mengusung gagasan arus baru ekonomi Indonesia ini juga sempat menitipkan warga negara Indonesia yang beraktivitas di Malaysia di barbagai sektor, seperti di pendidikan, ketenagakerjaan, dan bisnis.

NU Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here