Ponpes Darussalam NU Bermi Rayakan Haul dan Harlah ke 33

1
158
Haul dan Harlah ke-33 Pondok Pesantren Darussalam Bermi

Lombok Barat, pwnuntb.or id | Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Bermi Kabupaten Lomboo Barat merayakan Hari Lahir Pondok Pesantrennya yang ke 33 dan Haul Almagfurullah TGH. M.  Ridwanullah At-Tauhid yang ke 4. Lombok Barat, Senin (11/03/19).

Kegiatan Harlah ke 33 dan Haul Almagfurullah ke 4 tersebut dihadiri oleh ribuan jamaah dan santri, yang terdiri dari para Nahdiyin, Nahdiyah dan wali santri serta santri setempat.

Ketua Panitia sekaligus Pimpinan Yayasan Ponpes Darussalam Bermi Hadiyatullah menyampaikan bahwa, kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahun. Bahkan tidak hanya dilaksanakan di Ponpes ini saja melainkan di tempat-tempat lainnya juga dirayakan Harlah dan Haul.

“Kegiatan peringatan ini juga dilaksanakan di beberapa tempat seperti Lombok Tengah yang merupakan kelompok murid-murid tarekad almagfurullah TGH. M. Ridwanullah,”ungkapnya.

Hardiyansah juga menceritakan perjalanan panjang orang tuanya dalam mengembangkan pondok pesantren tersebut. Diantaranya Lembaga pertama adalah Pendidikan PAUD Darussalam, MTS Darussalam, Madrasah Aliyah Darussalam yang berdiri dari 1993, MI Darussalam tahun 2007, Maad Ali, yang fokus mengkaji kitab-kitab kuning. Dan yang terakhir Sekolah tinggi Ilmu Hukum Tata Negara Darussalam.

“AlhamdulillahJumlah siswa keseluruhan dari Paud hingga Perguruan Tinggi berjumlah 952 orang,”terangnya.

Selanjutnya dilanjutkan dengan pengajian umum yang disampaikan oleh TGH. KHudari Ibrahim yang menceritakan tentang banyak orang sekarang mengaku diri menjadi Nabi akhir zaman. Khudari menceritakan kepada ribuan jamaah bahwa tidak ada Nabi akhir zaman selain Nabi Muhammad SAW.

“Jangan mau ikut-ikut ya jamaah jika ada yang mengajak untuk mengikuti dan yang dirinya mengaku jadi Nabi akhir. Karena Nabi Akhir Zaman itu cuma satu Muhammad SAW. Sebagai warga Ahlussunnah Wal Jamaah kita harus terus bersolawat kepadanya agar kelak kita mendapat, safaatnya,amin,”ajak Khudari.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Dr.Ir.Ahmad Helmy Faisal Zaini menyampaikan dalam sambutannya bahwa tidak ada sebebas Indonesia dalam memeluk Agama khususnya Islam.

“Di Indonesia begitu bebas kita melakukan aktivitas Agama islam, coba cek di negara lain. Tidak ada yang sebebas indonesia. Dan Indonesia juga dikenal dengan keberagamannya, maka dari itu, ini harus terus kita jaga dan rawat bersama,”ujarnya.

Helmy juga menceritakan fitnah-fitnah yang menyebar tentang Islam yang di sudutkan.

“Tidak ada Islam di sudutkan di Indonesia, justru kita bebas melakukan apa saja yang menyangkut soal keagamaan kita masing-masing,”terang anggota DPR-RI ini.

Dalam acara Harlah dan Haul ini juga hadir Mustasyar PBNU yang juga Rois Suriyah PWNU NTB TGH. Turmudzi Badaruddin, Ketua PCNU Lombok Barat, TGH. Abdul Hamid, TGH. Khudari Ibrahim, beserta ribuan jamaah dan santri yang di di Ponpes Darussalam Bermi Lombok Barat.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan