Prof. Muzakki: Jangan Salah Faham, Islam Nusantara Bukan Produk Baru

0
86

Mataram, Pwnuntb.or.id | Sekretaris PWNU Jawa Timur Prof. Dr. KH. Akhmad Muzakki, M. Ag., Grad. Dip. SEA, M. Phil, P. hD yang merupakan menegaskan, Islam Nusantara bukan merupakan produk baru, melainkan sebuah konsepsi atas apa yang menjadi praktek-praktek keagamaan yang telah dilakukan oleh para ulama nusantara, para wali songo, para Tuan Guru dan Jama’ah Nahdliyin dimasa lampau.

Hal tersebut disampaikan Prof. Muzakki saat mengisi Kajian Rutin Ramadhan di Aula PWNU NTB Jalan Pendidikan No 60 Mataram.Jumat (17/05) hari ini.

Prof. Muzakki lebih jauh menjelaskan, Islam Nusantara adalah konsepsi cara bersikap, bertindak yang sesuai dengan Al Qur’an dan As sunnah seraya tidak menegasikan kearifan Masyarakat.

“Ibarat Franchise, resepnya tetap dari Al Quran dan Assunnah, mengikuti Nabi dan Para Sahabat, tetapi penyajiannya tetap dengan menghargai kearifan lokal” Tegasnya.

“Islam Nusantara adalah Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah An Nahldiyah, Hajinya tetap ke Mekkah, Sholatnya tetap mengikuti Shalat Cara Rasulullah, tetapi juga menjalankam tahlilan, ziarah kubur, ada beduk di Masjid dan lain sebagainya” terang Guru besar UIN Sunan Ampel Surabaya.

Dalam Kajian Ramadhan yang rutin dilaksanakan setiap hari Selasa dan Jum’at di Kantor PWNU NTB ini, Prof. Muzakki juga menyemangati agar warga NU NTB tetap solid dan terus memantapkan militansi kader, terutama dalam menghadapi era tekhnologi dan banyaknya penyebaran Hoax tentang NU.

“Kader NU tidak boleh gagap dengan teknologi, lawan penyebaran informasi negatif dengan informasi yang positif, lawan jika ada Hoax-hoax yang menjelekkan NU dan tokoh-tokoh NU. Kita yang waras tidak boleh diam”tutupnya.

Tinggalkan Balasan