Sebagai Penguatan Spirit Akademik, Pascasarjana UIN Mataram Lakukan Seminar Nasional.

0
54

pwnuntb.or.id || Seminar Nasional yang dilaksanakan oleh Pascasarjana UIN Mataram, dengan tema Implementasi Jaminan Produk Halal bagi Pelaku Usaha Indonesia Era Baru UU no. 33 tahun 2014 oleh Dr. Imelda Fajriati, M.Si. selaku dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan dosen Pascasarjana UIN Mataram Dr. Teti Indrawati Purnamasari yang bertempat di Aula NU NTB pada pagi Jum’at kemarin. (29/11/2019)


Peserta dalam kajian ini adalah dari kalangan dosen dan mahasiswa Pascasarjana UIN Mataram.

Dr. Imelda Fajriati menjelaskan terkait latar belakang penyelenggaraan JPH, mulai dari amanat UUD 45, program kehalalan produk belum menjamin kepastian hukum dan perlu diatur dalam perundang-undangan, sehingga muncul UU no. 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal atau JPH.


Dosen UIN Sunan Kalijaga itu juga menjelaskan terkait jenis-jenis apa saja yang harus bersertifikat halal, serta proses pendaftaran sertifikat halal.


Dr. Teti Indrawati Purnamasari menjelaskan terkait tentang beberapa dasar-dasar hukum JPH atau Jaminan Produk Halal. Ia menyebutkan UU no. 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal, peraturan pemerintah nomor 31 tahun 2019 peraturan pelaksanaan UU no. 31 tahun 2019 tentang JPH, dan beberapa dasar-dasar perlindungan JPH untuk masyarakat Indonesia.
Kemudian ia juga menjelaskan terkait dengan perjanjian kerjasama LPPOM MUI dan Pemda. Ia menjelaskan bahwa sejak tahun 2015 beberapa perjanjian kerjasama antara Dinas Koperasi UMKM NTB yang memfasilitasi sertifikasi halal dengan pelaku usaha UMKM di NTB, hingga beberapa point penting juga disampaikan sesuai dengan kajian keilmuan yang berkaitan.


Terakhir dosen Pascasarjana UIN Mataram itu menyampaikan bahwa data sertifikat halal LPPOM MUI NTB tahun 2012-2018 mencapai 2.131 yang terdiri dari restoran, katering, UKM, Rumah makan, dan lainnya.

Tinggalkan Balasan