Tim Psikolog Unair Harapkan Kondisi Lombok Cepat Pulih

0
24
Trauma-healing-unair

PWNUNTB.OR.ID | LOTIM – Tim Psikolog dari Magister Sosiologi Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya yang bekerjasama dengan NU Peduli Lombok bertolak ke Dusun Bebante Desa Sembalun Bumbung Kabupaten Lombok Timur, Selasa (4/9) Kemarin.

Tim Psikolog yang merupakan dosen dan Mahasiswa Psikologi UNAIR tersebut datang ke Lombok untuk trauma healing sekaligus melatih para relawan lokal dalam melakukan trauma healing baik untuk anak-anal, orang tua dan masyarakat.

Salah seorang dari mereka bernama Ulfi mengatakan, beban psikologis para korban saat ini sangat berat. Karena itu, Timnya memperhatikan betul kondisi masing-masing korban, baik tempat pengungsian, makanan-minuman hingga ketersediaan nutrisi dan air bersih.

“Trauma healing bisa dilakukan jika semua urusan perut ini sudah selesai. Para relawan perlu memperhatikan hal ini” Ungkapnya.

Karenanya menurut Ulfi, tim trauma healing perlu asassment terlebih dahulu, apakah para korban yang akan mereka datangi telah siap menerima mereka ataukah belum.

Ulfi menambahkan, Masyarakat dan orang tua juga harus diajak bekerjasama untuk menciptakan kondisi yang aman dan nyaman serra memberikan rasa bahagia kepada anak-anak.

“Masalah-masalah orang tua jangan dicecarkan kepada anak, biarkan mereka bermain dan belajar” Tambahnya.

Ulfi mengatakan, kebutuhan air bersih di wilayah ini menjadi keluhan utama masyarakat, namun ia mengajak masyarakat untuk memaklumi kondisi darurat ini sampai mereka pulih dan bisa beraktifitas kembali seperti biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here